Bahan - Bahan Listrik 1

Halo Sobat Teners✋
Kali ini mimin bakalan ngshare materi perkuliahan Semester Ganjil lhoo. Yups.. Materi Bahan- Bahan Listrik Bab Material Jaringan Transmisi merupakan materi basic bagi kalian yang kuliah di jurusan Teknik Elektro ataupun Teknik Instalasi Tenaga Listrik lho.
Yoklah gas dibaca materinya Sepuluh Menit langsung paham kok☝.

1. Tiang listrik
Tiang listrik merupakan material yang terbuat dari besi, beton dan kayu agar jaringan tidak mengenai bangunan, pohon dan manusia atau binatang.
Tiang listrik adalah salah satu komponen utama dari jaringan listrik tegangan rendah dan tegangan menengah yang menyangga hantaran listrik serta perlengkapannya tergantung dari keadaan lapangan.

Tiang listrik juga mempunyai jenis-jenis yang berbeda berdasrkan fungsinya lho gaes.. Berikut merupakan jenis - jenis dari tiang listrik berdasarkan fungsinya :
A.Tiang Penegang
Tiang penegang disamping menahan gaya berat juga menahan gaya tarik dari kawat-kawat saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) atau Ekstra Tinggi (SUTET).
B. Tiang Penyangga
Tiang penyangga untuk mendukung / menyangga dan harus kuat terhadap gaya berat dari peralatan listrik yang ada pada tiang tersebut.
Next ya Sobat Teners 👇
Selanjutnya merupakan jenis-jenis tiang listrik menurut bentuknya, yaitu :
A. Tiang Pole
Konstruksi SUTT dengan tiang beton atau tiang baja, pemanfaatannya digunakan pada perluasan SUTT dalam kota yang padat penduduk dan memerlukan lahan relatif sempit. Berdasarkan materialnya, terbagi menjadi :
•Tiang Pole Baja
•Tiang Pole Beton

B. Tiang Kisi-kisi (Lattice Tower)
Tiang Kisi-kisi terbuat dari baja profil, disusun sedemikian rupa sehingga merupakan suatu menara yang telah diperhitungkan kekuatannya disesuaikan dengan kebutuhannya. Berdasarkan susunan / konfigurasi penghantarnya dibedakan menjadi 3 (tiga) kelompok besar, yaitu : 
1.Tiang Delta 

2. Tiang zig-zag 
3. Tiang Piramida
Nah.. Gimana Geng's materi pertama bahas tiang dulu ya...😁😁😁 Materi selanjutnya next post jadi sabar ya dan selamat membaca 👍


Related Posts

Subscribe Our Newsletter