Mengatasi Laptop Yang Lambat


Halo Sobat Teners✋
Kali ini mimin bakalan ngshare life hack bagaimana sih untuk mengatasi Laptop yang lambat banget. So, tetep stay tune #dirumahaja dan silahakan membaca postingan dibawah ini. Cukup Sepuluh Menit saja lho.

Tips untuk mempercepat laptop Anda sehingga dapat berjalan seperti baru lagi

Apakah laptop Anda berjalan lambat ? Tidak peduli apakah itu lama atau baru, PC Windows atau Mac, ketika menggunakan laptop lambat bukanlah pengalaman yang menyenangkan.

Jika Anda mencari cara untuk membuat laptop Anda berjalan lebih cepat dengan meningkatkannya dengan penyimpanan dan RAM yang lebih cepat, atau dengan menghapus item yang dapat memperlambat Anda, seperti malware, virus, dan bahkan aplikasi anti-virus, atau Anda hanya ingin merampingkan laptop Anda untuk kinerja optimal, maka ini adalah tempat untuk memulai. Kami telah mengumpulkan tips yang berhubungan dengan kinerja laptop ini yang dapat bernapas kehidupan baru ke dalam laptop lama Anda, atau membuat yang baru Anda sangat lepas landas.

1. Malware, virus, dan anti-virus

Entah itu adware, spyware, atau virus, malware dapat menjadi penyebab utama perlambatan komputer. Meskipun virus, adware, Trojan, dan spyware semua memiliki elemen unik yang mengklasifikasikan mereka, kita akan mempertimbangkan mereka semua di bawah payung malware, sebagai hal yang buruk dan dapat menelurkan kita. Tentunya kita tidak ingin melihat di laptop terkena bukan. Tidak peduli apa pun jenis laptop yang Anda miliki, Windows, Mac, atau Linux, Anda harus mempertimbangkan beberapa bentuk aplikasi anti-malware sebagai baris pertama pertahanan.

filo / Getty Images

Untuk pengguna Windows dan Linux, aplikasi anti-malware aktif yang dapat memindai laptop Anda, baik di latar belakang dan on-demand, adalah pilihan yang baik. Bagi pengguna Mac, pemindai perangkat lunak perusak berdasarkan permintaan mungkin saat ini menjadi pilihan yang lebih baik karena tidak memerlukan sumber daya kecuali saat digunakan.
Tapi jangan hanya menggunakan Scanner anti-malware tunggal untuk pertahanan karena itu belum terlalu cukup kuat untuk mencegah virus tersebut. Menjalankan lebih dari satu pada satu waktu lebih cenderung mengarah pada komputer yang lambat dan tidak responsif daripada menemukan malware tambahan.

2. Terlalu banyak aplikasi terbuka

Apakah Anda sangat membutuhkan semua aplikasi yang berjalan? Penyebab umum perlambatan laptop adalah banyaknya aplikasi yang aktif. Setiap aplikasi memakan sumber daya sistem, termasuk RAM, ruang disk (dalam bentuk berkas sementara yang dibuat), dan kinerja CPU dan GPU. Dan sementara aplikasi yang berjalan di latar belakang mungkin tidak terlihat, mereka masih mengkonsumsi beberapa sumber daya laptop Anda yang terbatas.

Tapi itu bukan hanya jumlah aplikasi yang terbuka, tapi bagaimana Anda menggunakan aplikasi. Sebuah contoh yang baik adalah browser web Anda. Berapa banyak tab yang Anda buka? Sebagian besar browser web menggunakan teknik Sandboxing untuk mengisolasi setiap jendela dan tab yang terbuka dari yang lain. Ini berarti Anda dapat mempertimbangkan setiap terbuka tab browser atau jendela seolah-olah itu adalah sebuah aplikasi browser terbuka individu. Lihat seberapa cepat jumlah "membuka aplikasi " meningkat, dan efeknya pada sumber daya laptop Anda? Mendapatkan kebiasaan menutup aplikasi yang tidak terpakai, dan hanya membuka yang Anda butuhkan, adalah cara yang baik untuk membantu mengelola sumber daya dan kinerja laptop Anda.
  • Keluar dari aplikasi ketika Anda selesai menggunakannya.
  • Tutup tab browser yang tidak Anda perlukan lagi.

3. Mengontrol item startup

Anda juga harus mempertimbangkan untuk mencegah aplikasi dimulai secara otomatis. Semua sistem operasi utama memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi aplikasi sehingga mereka akan memulai secara otomatis ketika Anda boot komputer Anda. Ini dapat menghemat waktu Anda dengan tidak harus ingat untuk memulai aplikasi tertentu, tapi kita sering lupa untuk menghapus bahkan jika kita tidak lagi menggunakan aplikasi. Jika tidak ada yang lain, itu ide yang baik untuk melihat apa yang memulai.
  • Pengguna Mac            : menghapus item masuk yang tidak diperlukan.
  • Pengguna Windows  : mencegah pemuatan program di startup Windows.

4.Mengosongkan ruang disk

Jika tidak ada cukup ruang kosong pada drive startup Anda, Anda memaksa laptop untuk bekerja lebih keras untuk menemukan ruang yang diperlukan untuk rumah file sementara yang digunakan oleh sistem, dan oleh aplikasi (alasan lain untuk membatasi jumlah aplikasi). Sistem juga menyisihkan ruang disk untuk memori virtual, cara untuk sistem operasi untuk memeras ruang RAM tambahan dengan memindahkan data lama dari RAM ke disk yang lebih lambat.

Ketika ruang menjadi ketat, laptop Anda dapat memperlambat sebagai overhead untuk sistem operasi meningkat ketika mencoba untuk mengelola tugas-tugas penyimpanan ini. Anda dapat meringankan overhead dengan memastikan laptop Anda selalu memiliki banyak ruang kosong.

Sebagai pedoman umum, menjaga minimal 10 sampai 15 persen dari ruang bebas harus memastikan bahwa laptop Anda tidak akan mengalami perlambatan dramatis karena masalah penyimpanan. Bahkan lebih baik, Anda dapat memastikan Anda tidak akan memiliki masalah penyimpanan sama sekali dengan menjaga 25 persen atau lebih ruang kosong yang tersedia untuk sistem operasi untuk digunakan karena melihat cocok.

Windows termasuk berguna built-in utilitas untuk membantu dengan disk cleanup.Jika Anda memerlukan bantuan dengan pembersihan disk utama, periksa 9 Free disk space Analyzer Tools.
Pengguna Mac akan menemukan informasi tambahan yang tersedia di berapa banyak ruang drive gratis Apakah saya perlu di Mac saya?

Haruskah Anda defrag disk Anda? Secara umum, tidak. Kedua Mac dan Windows laptop dapat defrag drive ruang dengan cepat selama cukup ruang kosong tersedia. Tentu saja, Anda mungkin memiliki kebutuhan khusus untuk defragging, tergantung pada jenis penggunaan Anda menempatkan laptop Anda. Hanya ingat: tidak pernah defrag SSD.
  • Jauhkan banyak ruang kosong di drive startup Anda.
  • Hapuslah drive yang mungkin tidak diperlukan.

5. Kurangi efek visual

Jika Anda memiliki laptop baru dengan CPU dan GPU terbaru dan terbaik, Anda mungkin tidak perlu mengurangi beberapa efek visual konyol yang kedua sistem operasi Mac dan Windows tampaknya ingin melemparkan di wajah kita.
Tetapi bahkan jika Anda tidak perlu, Anda mungkin masih ingin. Menghilangkan beberapa efek visual OS dapat membantu meningkatkan kinerja secara keseluruhan dengan memastikan CPU dan GPU tidak sibuk dengan eye candy berguna ketika Anda membutuhkan penggunaan prosesor yang produktif.

Pengguna Mac akan menemukan banyak efek visual yang dikelola di berbagai panel Preferensi sistem, seperti dock dan aksesibilitas.
Windows memiliki pengaturan properti sistem sendiri yang mempengaruhi kinerja. Anda dapat mempelajari cara mengakses dan mengontrol properti visual dalam panduan kami menyesuaikan efek visual untuk meningkatkan kecepatan PC.

Dalam kebanyakan kasus, toning turun efek visual akan menghasilkan antarmuka pengguna yang jauh lebih responsif, dan menyimpan sumber daya yang tersedia untuk aplikasi yang membutuhkannya.

6. Tingkatkan RAM, disk, grafis, dan baterai

Sejauh ini, kami telah membicarakan tentang mengelola performa dengan menjaga agar aplikasi lebih sedikit tetap terbuka, sehingga meningkatkan jumlah ruang kosong di disk pengaktifan dengan menghapus file, dan umumnya mengelola sumber daya laptop Anda.

Tapi bagaimana jika Anda memiliki sebuah aplikasi yang akan menjadi pemain yang lebih baik jika memiliki lebih banyak RAM atau ruang disk, atau Top-of-The-Line GPU untuk bekerja dengan? Atau mungkin Anda hanya akan mendapatkan lebih banyak dilakukan pada laptop Anda jika bisa berjalan lebih lama pada biaya.

Tergantung pada model laptop, Anda mungkin dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan dengan upping jumlah RAM terinstal, beralih ke yang lebih cepat atau lebih besar (atau keduanya) disk, upgrade CPU atau GPU, atau bahkan hanya mengganti baterai, untuk mendapatkan beberapa tambahan runtime.

Jenis upgrade ini dapat membawa peningkatan kinerja yang signifikan, biasanya dengan biaya lebih rendah daripada mengganti laptop. Untuk mengetahui apakah Anda dapat (atau harus) meng-upgrade laptop Anda, periksa dengan produsen, dan kemudian toko sekitar untuk harga upgrade terbaik pada komponen.
  • Lebih banyak RAM sama dengan lebih banyak ruang untuk aplikasi untuk menjalankan.
  • Drive speedier memungkinkan aplikasi untuk membuka dan bekerja lebih cepat.
  • Aplikasi grafis intensif dapat berkinerja lebih baik dengan mesin grafis yang ditingkatkan.
  • Mengganti baterai laptop tua dapat meningkatkan waktu berjalan.

7. Selalu memperbarui perangkat lunak

Terakhir tetapi tidak berarti setidaknya, menjaga OS Anda saat ini dapat meringankan perlambatan yang disebabkan oleh bug; Hal ini juga membantu dengan mengganti file sistem yang mungkin telah menjadi korup seiring waktu. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi Anda. 
Gunakan Windows Update untuk menjaga saat ini, atau Mac App Store untuk memperbarui Mac Anda.
Jaga sistem operasi dan aplikasi Anda saat ini. Jika Anda merasa nyaman dengan itu, banyak sistem dan aplikasi menawarkan pembaruan otomatis sehingga Anda bahkan tidak perlu ingat untuk melakukan apa pun agar tetap up to date.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter